Bagaimana agar bisa Percaya Diri

Percaya Diri

Di dalam setiap budaya ada taraf dasar harga diri yang di perlukan. Harga diri membantu orang merasa mampu mengembangkan ketrampilanya dan berguna bagi masarakat. Penelitian menyatakan bahwa orang perlu akan harga diri yang kuat, agar merasa yakin berbuat sesuatu dan menggunakan kemampuan dan bakatnya sebaik-baiknya. Harga diri yang rendah bisa berkaitan dengan kesehatan seperti stress, sakit jantung dan bertambahnya ulah seperti “nakal”.

Self Esteen di bedakan menjadi dua kondisi yaitu strong / kuat dan week / lemah. Orang yang mempunyai self esteem yang kuat akan  mampu membina relasi yang baik dan sehat dengan orang lain , bersikap sopan dan menjadikan dirinya menjadi orang yang berhasil. Ciri – cirri orang yang mempunyai self esteem yang kuat adalah :

  1. Self Confidence / percaya diri.
  2. Goal Oriented / mengacu hasil akhir.
  3. Appreciative / menghargai.
  4. Contended / puas atau senang.

Ciri-Ciri orang yang memiliki self esteem lemah / weak adalah :

  1. Critical / mencela.
  2. Self-sentred / mementingkan diri sendiri.
  3. Cintical / sinis atau suka mengolok-olok.
  4. Diffident / malu-malu.

CARA MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN SELF ESTEEM

Ada enam factor yang mendukung untuk membangun self esteem :

  1. Goal Setting / merencanakan tujuan yaitu menentukan tujuan hidup.
  2. Risk Taking / mengambil resiko yaitu berani untuk mengambil resiko , karena seseorang tidak akan pernah mengetahui kemampuan diri sendiri jika tidak mau mengambil resiko.
  3. Openig Up / membuka diri yaitu kalau seseorang mau membuka diri dan berbagi rasa ( sharing ) dengan orang lain , maka akan mudah baginya untuk mengenali diri sendiri.
  4. Wise-choice making / membuat keputusan yang bijaksana yaitu kalau seseorang biasa membuat keputusan yang benar maka akan meningkatkan self confidence dan self esteem.
  5. Time sharing / berjalan sesuai dengan waktu yaitu jangan terlalu memberikan tekanan / paksaan pada diri sendiri untuk medapatkan perubahan , karena tidak mungkin perubahan bisa di dapat secara instant ( langsung ) dan tekanan tersebut justru akanmembuat diri sendiri mundur kebelakang. Biarlah perubahan itu terjadi sesuai kapasitas diri dan berjalannya waktu.

Healing / penyembuhan yaitu penyembuhan dalam arti fisk dan mental dan hal itu bisa dilakukan dengan cara membuat komitmen dan thankful ( rasa syukur ) dan yakin terhadap qodar Alloh.

Speak Your Mind

*