Dakwah islam Tentang Makanan

Dakwah Islam Tentang Makanan Sehat dan Halal

Dakwah islam dipublikasikan lewat media massa itu banyak manfaat pada kita semua, Nah Dalam artikel kumpulan dakwah islami kali ini adalah makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat yang beragama Islam.

contoh-dakwah

contoh-dakwah

Pengertian Makanan Sehat dan Halal

•    Makanan halal (halalan). Adalah yang diperbolehkan secara syar’i oleh agama Islam sesuai perintah Allah SWT. Makanan halal adalah berarti makanan itu tidak haram.

Kategori makanan haram jelas disebutkan contoh dan macamnya di dalam Al-Qur’an, salah satunya adalah babi atau anjing. Bertahun-tahun setelah Al-Qur’an diturunkan kemudian terbuktilah kebenarannya berdasarkan penelitian, bahwa pada daging babi ternyata mengandung cacing pita yang membahayakan kesehatan.

materi-dakwah

materi-dakwah

•    Makanan baik dan sehat (thayiban). Makanan bergizi dengan semua unsur yang dibutuhkan tubuh Anda. Waktu kecil Anda mungkin biasa mendengar istilah ‘4 sehat 5 sempurna’ dalam pelajaran Pendidikan Kesehatan Keluarga (PKK).

Halal yang Seperti Apa?

Makanan halal bukan saja makanan yang diproses secara halal dan sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dalam Al-Qur’an. Makanan halal juga harus diperoleh dengan cara yang halal pula sehingga darah yang mengalir di tubuh kita tidak menyerap apapun yang diharamkan oleh Allah.

Sebagai contoh, makanan halal yang kita dapatkan dengan cara mencuri, merampok, atau korupsi adalah tidak baik bagi tubuh dan jiwa kita karena makanan tersebut diperoleh dengan cara yang tidak halal.

Lantas, adapula orang yang mendapatkannya dengan cara yang halal, namun didapati dari seseorang yang bekerja secara haram. Misalnya, seorang kurir yang bekerja pada rentenir.

Uang yang didapatkannya memang halal karena pekerjaannya sebagai seorang kurir tidaklah haram. Namun, sumber uang yang dihasilkannya adalah dari proses pekerjaan yang diharamkan oleh Allah, yakni memakan riba.

Proses seperti inilah yang harus diperhatikan oleh umat Islam agar senantiasa terhindar dari segala asupan yang bernilai haram. Halal dari jenis makanan, proses pembuatannya, proses penyaringannya, dan segala proses yang berhubungan dengan makanan tersebut adalah bagian dari kehalalan yang wajib kita penuhi.

contoh-dakwah-islam

contoh-dakwah-islam

Kiat-Kiat Mengenalkan Makanan Halal

Selain membiasakan diri untuk menjaga makanan agar tetap halal dan baik untuk dikonsumsi, kita juga perlu mengenalkan makanan halal kepada anak-anak kita karena mereka yang akan menjadi penerus Islam di masa mendatang.

Biasakan anak Anda pada makanan halal dan sehat dengan cara mengajarkan mereka sejak dini. Dengan harapan anak-anak mempunyai pengertian dan batasan tentang makanan halal dan sehat. Hal ini akan menjadi budaya yang baik sampai dewasa.

dakwah-islam

dakwah-islam

dakwah-islami

dakwah-islami

Incoming search terms:

contoh dakwah islam,contoh dakwah islami,makanan halal,makanan haram,contoh dakwah,contoh materi dakwah,dakwah islami,foto makanan

Speak Your Mind

*