Dakwah Islam

Pengertian Dakwah Islam

Dakwah Islam Secara etimologis, kata “dakwah” berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti: panggilan, ajakan, dan seruan. dakwah islam/dakwah islamSedangkan dalam ilmu tata bahasa Arab, kata dakwah adalah bentuk dari isim masdar yang berasal dari kata kerja : دعا, يدعو, دعوة artinya : menyeru, memanggil, mengajak. Dalam pengertian yang integralistik dakwah merupakan suatu proses yang berkesinambungan yang ditangani oleh para pengemban dakwah untuk mengubah sasaran dakwah agar bersedia masuk ke jalan Allah, dan secara bertahap menuju perikehidupan yang Islami.

Pendapat Tentang Dakwah Islam

Dakwah Islam Menurut Farid Ma’ruf Noor, merupakan suatu perjuangan hidup untuk menegakkan dan menjunjung tinggi undang-undang Ilahi dalam seluruh aspek kehidupan manusia dan masyarakat sehingga ajaran Islam menjadi shibghah yang mendasari, menjiwai, dan mewarnai seluruh sikap dan tingkah laku dalam hidup dan kehidupannya.

Menurut Abu Bakar Atjeh, dakwah Islam adalah seruan kepada semua manusia untuk kembali dan hidup sepanjang ajaran Allah yang benar, yang dilakukan dengan penuh kebijaksanaan dan nasehat yang baik.

Menurut Toha Yahya Umar, dakwah Islam adalah mengajak manusia dengan cara bijaksana ke jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan, untuk keselamatan dan kebahagiaan dunia akherat.

Kesimpulan dakwah Islam

 Dari beberapa definisi di atas paling tidak dapat diambil kesimpulan tentang dakwah Islam:

Dakwah islam itu adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar dan terencana.

Usaha dakwah islam itu adalah untuk memperbaiki situasi yang lebih baik dengan mengajak manusia untuk selalu ke jalan Allah SWT. Dalam kaitannya dengan makna dakwah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara seksama, agar dakwah islam dapat dilaksanakan dengan baik.

Dakwah Islam sering disalah artikan sebagai pesan yang datang dari luar. Istilah “dakwah pembangunan” adalah contoh yang menggambarkan seolah-olah ada dakwah islam yang tidak membangun atau dalam makna lain, dakwah islam yang pesan-pesannya penuh dengan tipuan sponsor.

Masyarakat yang dijadikan sasaran dakwah Islam sering dianggap masyarakat yang vacum ataupun steril, padahal dakwah islam sekarang ini berhadapan dengan satu setting masyarakat dengan beragam corak dan keadaannya, dengan berbagai persoalannya, masyarakat yang serba nilai dan majemuk dalam tata kehidupannya, masyarakat yang berubah dengan cepatnya, yang mengarah pada masyarakat fungsional, masyarakat teknologis, masyarakat saintifik dan masyarakat terbuka. Akan tetapi, sikap ini tidaklah berarti menafikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari kegiatan dakwah islam yang dilakukan. Dakwah islam adalah komunikasi, akan tetapi komunikasi belum tentu dakwah islam , adapun yang membedakannya adalah terletak pada isi dan orientasi pada kegiatan dakwah islam dan kegiatan komunikasi. Sedangkan pada dakwah islam isi pesannya jelas berupa ajaran Islam dan orientasinya adalah penggunaan metode yang benar menurut ukuran Islam. Dakwah islam merupakan komunikasi ajaran-ajaran Islam dari seorang da’i kepada ummat manusia dikarenakan didalamnya terjadi proses komunikasi.

Unsur – Unsur Dakwah Islam

Dakwah islam dalam pembahasan ini adalah bagian-bagian yang terkait dan merupakan satu kesatuan dalam suatu penyelenggaraan dakwah. Jadi, unsur-unsur dakwah islam tersebut adalah:

 Subjek Dakwah islam Dalam hal ini yang dimaksud dengan subjek dakwah adalah yang melaksanakan tugas-tugas dakwah, orang itu disebut da’i atau muballigh.

Dalam aktivitasnya subjek dakwah islam dapat secara individu ataupun bersama-sama. Hal ini tergantung kepada besar kecilnya skala penyelenggaraan dakwah islam dan permasalahan-permasalahan dakwah islam yang akan digarapnya. Semakin luas dan kompleks-nya permasalahan dakwah islam yang dihadapi, tentunya besar pula penyelenggaraan dakwah islam dan mengingat keterbatasan subjek dakwah islam , baik di bidang keilmuan, pengalaman, tenaga dan biaya, maka subjek dakwah islam yang terorganisir akan lebih efektif daripada yang secara individu (perorangan) dalam rangka pencapaian tujuan dakwah islam.

Dalam pengertian subjek dakwah islam yang terorganisir, dapat dibedakan dalam tiga komponen, yaitu (1) da’i, (2) perencana dan (3) pengelola dakwah.

 Menguasai ilmu pengetahuan yang ada hubungannya dengan tugas-tugas dakwah islam.

Objek Dakwah islam(audience).

Objek dakwah islam adalah setiap orang atau sekelompok orang yang dituju atau menjadi sasaran suatu kegiatan dakwah.

Materi Dakwah Islam adalah isi pesan yang disampaikan oleh da’i kepada objek dakwah islam, yakni ajaran agama Islam sebagaimana tersebut dalam al-Qur’an dan Hadits. Agama Islam yang bersifat universal yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, dan bersifat abadi sampai di akhir jaman serta mengandung ajaran-ajaran tentang tauhid, akhlak dan ibadah.

Kesimpulan dakwah Islam

Materi dakwah Islam meliputi tauhid, akhlak, dan ibadah. Sangat mendalam dan luasnya ajaran Islam menuntut subjek dakwah islam dalam penyampaian materi dakwah islam sesuai dengan kondisi objektif objek dakwah islam , sehingga akan terhindar dari pemborosan. Oleh karena itu, seorang da’i hendaknya mengkaji objek dakwah islam dan strategi dakwah islam terlebih dahulu sebelum menentukan materi dakwah islam sehingga terhindar dari hal-hal yang dapat menghambat kegiatan dakwah islam.

Metode Dakwah Islam

Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Landasan Dakwah Islam

Landasan dakwah islam dalam al- Qur’an yaitu: Bil hikmah ( kebijaksanaan), yaitu cara-cara penyampaian pesan-pesan dakwah yang sesuai dengan keadaan penerima dakwah islam.

Operasionalisasi metode dakwah bil hikmah dalam penyelenggaraan dakwah islam dapat berbentuk: ceramah-ceramah pengajian, pemberian santunan kepada anak yatim atau korban bencana alam, pemberian modal, pembangunan tempat-tempat ibadah dan lain sebagainya.

Tujuan Dakwah islam Sebagai bagian dari kegiatan dakwah Islam tentunya mempunyai tujuan. Secara hakiki dakwah islam mempunyai tujuan menyampaikan kebenaran ajaran yang ada dalam al-Qur’an-al-Hadits dan mengajak manusia untuk mengamalkanya. Tujuan dakwah islam ini dapat dibagi menjadi, tujuan yang berkaitan dengan materi dan objek dakwah.

Dilihat dari aspek tujuan objek dakwah ada empat tujuan yang meliputi: tujuan perorangan, tujuan untuk keluarga, tujuan untuk masyarakat, dan tujuan manusia sedunia.

Tujuan hukum, aktivitas dakwah bertujuan terbentuknya umat manusia yang mematuhi hukum-hukum yang telah disyariatkan oleh Allah SWT. Dari keseluruhan tujuan dakwah dilihat dari aspek maupun materi dakwah, maka dapat dirumuskan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat adalah tujuan dakwah Islam.

Speak Your Mind

*