Kehidupan Rasulullah di Madinah

Kehidupan Rasulullah di Madinah Bersama Kaum Muslimin

Rasulullah bersabda, ” Barang siapa yang menyebut kota Madinah ini dengan Yatsrib, memohon ampunlah kepada Allah, “. Semenjak kedatangan Rasulullah , Yatsrib di sebut dengan Madinatun Nabi ( Kota Nabi ) atau Madinah MUnawarah ( kota yang di terangi cahaya iman ) , Thobah ( kota yang baik ). Nama Yatsrib telah di tanggalkan karena bermakna buruk , tercela , mendatangkan kesialan.

masa-nabi-di-madinah

masa-nabi-di-madinah

Pada tahap awal di Madinah, Rasulullah bersama para sahabat bahu-membahu bekerja membangun masjid di atas Masjid di atas tanah yang dibeli beliau dari dua orang anak yatim.

Tahap selanjutnya , Rasulullah mempersatukan antara kaum muhajirin ( pendatang dari mekah ) dengan kaum Anshar ( penduduk Madinah ). Mereka menjadi saudara yang sangat erat atas keimanan. Kaum Anshar menampakan sifat itsar ( mendahulukan saudaranya ) , kaum Muhajirin menempatkan sifat ifah ( menahan diri ) dan Izzatun Nafs ( menjaga kehormatan ). Persaudaraan tersebut menjadi dasar persaudaraan umat islam secara umum.

nabi-sejarah-peradaban-islam

nabi-sejarah-peradaban-islam

Kemudian Rasulullah membangun masyarakat yang damai dan kukuh yang sebelumnya terjadi konflik internal berkepanjangan.

Rasulullah juga mengadakan perjanjian damai dengan Kaum Yahudi Madinah. Dengan perjanjian ini , kota madinah menjadi kota yang damai , aman , sejahtera , dan kukuh.

Kaum muslimin berbondong-bondong untuk melaksanakan shalat bersama Rasulullah. Lalu, turunlah wahyu yang mensyariatkan azan. Rasulullah menunjuk Bilal bin Rabbah Al Habsyi 9 berasal dari Etiopia ) sebagai Muadzin.

dakwah-nabi-di-madinah

dakwah-nabi-di-madinah

Setelah enam belas bulan di Madinah, turun wahyu yang menetapkan perubahan kiblat dari Masjidil Aqsa di Baitulmaqdis (  arah barat laut ) ke masjidil Haram di Mekah ( arah selatan ). Dengan pengalihan arah kiblat ini , umat muslim semakin kuat dan percaya diri .

Karena selain dari Ka’bah sebagai tempat suci bangsa Arab dari dahulu, ISlam bekembang pesat dan semakinmapan di segala lini kehidupan, menjadi awal dari penyebaran ke wilayah yang lebih luas.

nabi-muhammad-di-madinah

nabi-muhammad-di-madinah

 

perjalanan-rasulullah-ke-madinah

perjalanan-rasulullah-ke-madinah

Incoming search terms:

dakwa rasulullah di madinah,dakwah rasulullah,kehidupan masyarakat madinah setelah kedatangan rasulullah,kehidupan nabi periode madinah,kehidupan rasulullah di madinah,yhse-gt

Speak Your Mind

*