Makna Kalimat Lailahaillallah

Pentingnya Memahami Makna Laa Ilaaha Illallah Dalam Kehidupan

Dalam hadist yang di riwatkan Imam Muslim Rasulullah menggambarkan Islam itu sebagiamana bangunan, yang di bangun atas lima asas / lima tiang yang satu sama lain saling memperkuat, artinya sesuatu bangunan yang tidak sempurna kecuali dengan sesuatu yang lain. Mengucapkan dua kalimat syahadat adalah syarat bagi seseorang yang pertama kali masuk islam, belum di anggap masuk islam, orang yang belum mengucapkan dua kalimat syahadat, dan suatu amalan belum diterima oleh Alloh kecuali setelah seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat. Dengan mengucapkan kalimat “ أشهد ان لاإله إلآ الله ”  seseorang mengetahui siapa sebenarnya dzat yang wajib disembah dan mengetahui apa kewajiban-kewajiban yang harus ditetapinya, dan dengan mengucapkan kalimat syahadat seseorang mengetahui bagaimana cara seseorang beribadah kepada Alloh dan jalan mana yang bisa menyampaikan seseorang kepada Allah, karena tugas Rasulullah SAW adalah menjelaskan bagaimana carannya seseorang beibadah kepada Allah.

maksud-lailahaillallah

maksud-lailahaillallah

Makna kalimat syahdat adalah mengakui tiada tuhan yang berhak  di sembah selain Allah, dan menyatakan segala sesuatu yang di sembah selain Allah adalah tidak berhak di sembah (bukan tuhan). Dan ketika seseorang mengucapkan إلا الله  berarti seseorang menetapkan bahwa hanya Allah saja yang berhak disembah.

Mengucapkan kalimat syahadat itu bisa bermanfaat bagi pembacanya apabila terpenuhi syarat-syaratnya. Berdasarkan nash Al-Quran dan Al-Hadits, setidak-tidaknya ada 7 syarat yang mengikat kepada orang yang mengucapkan dua kalimat syahadat , antara lain syaratnya adalah :

  1. Al-Ilmu
  2. Al-Yaqin
  3. Al-Qobul
  4. Al-Inqiyad
  5. As-Shidq
  6. Al-Ikhlas
  7. Al-Mahabbah

Keutamaan mengucapkan kalimat syahadat :

Orang yang mengucapkan kalimat dua kalimat syahadat dengan menyakini maknanya dan mengamalkan isi kandungannya di dalam ucapan dan perbuatan serta mati dalam keadaaan iman ( dengan memenuhi 7 syarat sebagaimana tersebut di atas ) maka matinya masuk sorga. Banyak sekali hadist yang menunjukan kefadolan kalimat syahadat bahwa orang yang mengucapkan kalimat syahadat dengan memenuhi kandungan isinya dan mengamalkan tuntunanya berupa menetapi amalan-amalan hati, amalan-amalan lisan dan amalan-amalan anggota badan yang di syariatkan oleh Allah, maka Allah menjamin masuk sorga selamat dari neraka.

Incoming search terms:

Makna lailahaillallah,kandungan kalimat laillahaillallah

Speak Your Mind

*