Perang Ahzab Di Madinah

Perang Ahzab / Khandaq di Madinah

Perang Ahzab atau Perang Khandaq (parit) . Di sebut perang parit karena dalam peperangan ini pasukan muslim membuat galian parit di sekitar madinah sehingga pasukan musuh mendapati kesulitan dan terjebak di parit. Peristiwa ini terjadi Syawal 5 hijriah , antara pasukan muslim dengan pasukan gabungan Quraisy , Yahudi dan Badui.

sejarah-perang-ahzab

sejarah-perang-ahzab

Di latar belakangi kaum Yahudi dari bani Nadhir yang terusir dan tinggal di Khaibar , mereka mencoba memanfaatkan kesempatan. Mereka memprovokasi kaum Quraish yang sudah jera untuk menghadapi kaum muslimin dan menawarkan ulah kebun buah-buahan yang berlimpah kepada kabilah Ghatafan.

Terbentuklah pasukan gabungan di bawah pimpinan Abu Sufyan dengan 10.000 pasukan. Mereka siap berangkat ke Madinah dan Menyerang kaum Muslimin . mendengar berita tersebut, Rasulullah bermusyawarah dengan para sahabat . Salman Al-Farisi menyarankan membuat parit , sebagaimana yang di terapkan oleh pasukan Persia pada masa-masa dahulu. Usulan itupun diterima. Penggalian di sekeliling madinah segera dilakukan dengan gigih selama enam hari ketika pasukan musuh datang , parit telah selesai di gali.

perang-ahzab-download

perang-ahzab-download

Setelah parit itu selesai di gali, pasukan muslim yang berjumlah 3.000 orang bersiap menghadapi musuh dari arah dalam. Pasukan gabungan dating dan mereka kebingungan untuk masuk Madinah. Mereka hanya bisa berputar-putar disekeliling parit.

Lalu terjadilah panah memanah jarak jauh dan kibasan tombak atau pedang. Strategi ini sangat jitu sehingga tidak terjadi peperangan yang dahsyat.

Meskipun demikian , korban dari pihak tetap berjatuhan , salah seorang sahabat Rasulullah yang meninggal terkena panah adalah Sa’ad bin Mu’adz . Abu sufyan dengan pengikut-pengikutnya pun yakin bahwa menghadapi kota Yastrib dengan paritnya tersebut akan sia-sia saja.

kisah-perang-ahzab

kisah-perang-ahzab

 

sejarah-perang-khandaq

sejarah-perang-khandaq

Speak Your Mind

*