Peristiwa Perang Tabuk

Peristiwa Perang Tabuk Mengangkat Derajat Kaum Muslimin

Beberapa bulan sekembali Rasulullah saw, ke Madinah tahun 8 Hijriah, Rasulullah mendapat berita bahwa akan nada penyerangan dari Romawi melalui sekutunya, yaitu kabilah Lakham, Jadzam, Amilah, Ghassan, dan kabilah lainnya. Rasulullah pergi ke Tabuk bersama 30.000 pasukan (jumlah terbesar  dalam sejarah peperangan pada masa Rasulullah). Sesampainya di Tabuk, pasukan Islam siap bertempur. Rasulullah saw, berdiri di hadapan pasukan dan menyampaikan pidato dengan penuh semangat, menganjurkan kepada kebaikan dinia dan akhirat, memberi peringatan dan ancaman, memberi kabar menyenangkan hingga mental seluruh prajurit siap bertempur meskipun bekal dan perlengkapan mereka sangat minim.

tabuk-saudi-arabia

tabuk-saudi-arabia

Sebaliknya, ketika pasukan Romawi dan sekutu-sekutunya mendengar berita pasukan Rasulullah, muncul ketakutan dan kekawatiran yang merambat di hati mereka. Mereka berpencar-pencar di batas wilayah mereka sendiri. Tentu saja, hal ini mengangkat pamor militer Islam di Jazirah Arab dan sekaligus mendulang kepentingan politik yang amat besar manfaatnya.

Oleh karena itu, Rasulullah saw, didatangi Yuhannah bin Ru’bah, Pemimpin Ailah. Dia menawarkan perjanjian damai dengan beliau dan siap menyerahkan Jizyah kepada beliau. Begitu pula yang dilakukan penduduk Jarba dan Adruj.

Ada banyak ayat dari surat At-Taubah yang turun seputar peperangan ini. Sebagian turun sebelum keberangkatan ke Tabuk dan sebagian yang lain turun setelah keberangkatan atau setelah kembalinya Rasulullah saw ke Madinah. Ayat-ayat inimenceritsksn berbagai kondisi peperangan, kehinaan orang-orang munafik, keutamaan orang-orang yang berjihad dan ikhlas, diterimanya tobat dari orang-orang mukmin yang lurus, membicarakan orang-orang yang ikut bergabung atau mereka yang tidak ikut bergabung, dan masih banyak lain yang terungkap.

tabuk-war

tabuk-war

Incoming search terms:

perang tabuk,perang tabuk dan ibrahnya,peristiwa perang tabuk,hikmah perang tabuk,kisah perang tabuk download,sejarah perang tabuk,tabuk saudi arabia,peristiwa tabuk,sejarah perang islam tabuk,sejarah oerang tabuk

Speak Your Mind

*