PERJANJIAN HUDAIBIYAH

PERJANJIAN HUDAIBIYAH PADA TAHUN 6 HIJRIAH

Bermula dari mimpi Rosulullah berumrah di Masjidilharam, beliau memerintahkan kaum Muslimin bersiap menuju Mekah. Madinah diserahkan kepada Ibnu Ummi Maktum. Senin,  1 Zulkaidah 6 Hijriah, Rosulullah bersama 1.400 orang berangkat tanpa persenjatan perang. Di Dzul Hulaifah, mereka memekai kain ihram dan mengalungkan tali ke hewan qurban. Tiba di Usfan, beliau mendapat kabar bahwa kaum Quraisy mengetahui rencana Rosilullah lalu mereka menghimpun kekuatan.

perjanjian-hudaibiyah-ppt

perjanjian-hudaibiyah-ppt

Di tengah perjalanan, Khalid bin Walid, Panglima Quraisy, trus mengintai. Kaum Muslimin melintasi celah-celah bukit hingga sampai di Hudaibiyah. Salah seorang dari bani Khuza’ah, Budail bin Warqo’, datang member kabar bahwa pasukan Quraiy akan menyerang. Beliau menjelaskan bahwa kedatangan mereka untuk berumrah.

Quraisy mengutes Urwah bin Mas’ud Ats Tsaqofi. Rosulullah mengutus Utsman bin affan ke Mekah. Perundingan mereka berjalan sangat a lot hingga tersiar kabar bahwa Utsman mati terbunuh.

Para sahabat berbaiat kepeda Rosulullah di bawh sebuagh pohon untuk memerangi Quraisy. Peristiwa ini disebit Bai’at Ridwan. Setalah proses baiat selesai Utsman bin Affan muncul. Rosulullah dan para sahabat gembira atas keselamatan Utsman.

Bersamaan dengan itu, Quraisy mengutus Suhail bin Amr untuk melakukan gencatan senjata. Peristiwa ini dikenal dengan “Perjanjian Hudaibiyah” . Ali bin Abi Thalib bertugas menulis perjanjian itu.

perjanjian-hudaibiah

perjanjian-hudaibiah

Diawali dengan tulisan “Bismillahhirrahmanirrohim” kemudian diikuti kata-kata,”…ini adalah perjanjian yang ditetapkan Muhammad, Rosulullah”. Suhail bin Amr meminta untuk hsnys menuliskan Muhammad bin Abdullah. Lalu, Rosulullah menghapus kata “Rosulullah” dengan tangan beliau sendiri.

Perjanjian itu berisi (1) Rosulullah hanya 3 hari di Mekah dan segera pulang sampai tahun depan; (2) selama 10 tahun tidak akan saling perang; (3) siapa yang bergabung kesalah satu pihak, maka orang iti termasuk pihak yang dikehendaki; (4) siapa saja yang berasal dari Quraisy yang ingin bergabung dengan Muhammad harus seizing walinya; siapa yang keluar dari Muhammad, tidak boleh kembali kepada beliau.

Incoming search terms:

artikel perjanjian hudaibiyah,perjanjian hudaibiyah,perjanjian hudaibiah,peristiwa perjanjian hudaibiyah,Makalah perjanjian hudaibiyah,perjanjian hudaibiyah menyakini janji allah mp3,search perjanjian hudaibiah,peristiwa perjanjian hudaibiah,inti sari perjanjian hudaibiyah,makalah tentang perang hudaibiyah

Speak Your Mind

*